Berita
Kegiatan Pelatihan Pelayanan Public Fontliner Petugas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Pengadilan Negeri Pulang Pisau oleh Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah atau Bank Kalteng
Senin 1 Februari 2021, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Pulang Pisau bekerjasama
dengan Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah atau
Bank Kalteng mengadakan Pelatihan atau Training Pelatihan Pelayanan Public Fontliner untuk meningkatkan kualitas fungsi meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu
(PTSP) demi menjamin terlaksananya pelayanan prima bagi masyarakat pencari
keadilan di pengadilan Negeri Pulang Pisau. Kegiatan Pelatihan Pelayanan Public Fontliner dengan
materi Service Excellence kepada para Petugas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu
Pintu) Pengadilan Negeri Pulang Pisau dilakukan
oleh perwakilan karyawan Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah atau Bank Kalteng.
Pada
kegiatan ini Pemateri dari
Bank Kalteng memaparkan
mengenai bagaimana memberikan pelayanan kepada masyarakat yang datang kekantor,
dalam hal ini Kantor Pengadilan Negeri Pulang Pisau. Para petugas harus menyiapkan diri dengan baik, berpenampilan
menarik, sopan dan santun serta bertutur kata yang ramah, karena hal-hal
tersebut akan mencerminkan citra tempat kita bekerja. Pemateri dari Bank Kalteng
mengatakan bahwa sebagai Frontliner harus menerapkan
Seyum, Salam dan Sapa kepada semua pengunjung, menjadikan mereka merasa nyaman
dengan memberikan penjelasan apa keperluan/kepentingan atas kedatangan mereka
dengan sebaik-baiknya. Dan apabila ada pengunjung yang emosi/tidak puas, petugas harus tetap tenang serta bisa menenangkan dan
memberikan pengertian, serta menanyakan hal apa yang menjadikan
ketidakpuasannya. Selain itu, Pemateri meyampaikan mengenai tugas-tugas security terutama penampilan harus rapi dan membuat pengunjung
merasa nyaman di kantor Pengadilan
Negeri Pulang Pisau.
Proaktif atau peduli terhadap pengunjung/pengguna layanan dengan melakukan pendekatan agar mereka merasa terbantu
dengan mengarahkan ke bagian mana harus berkonsultasi. Serta tetap menerapkan Senyum,
Salam dan Sapa.
Setelah Perwakilan dari Bank Kalteng memaparkan
materi, Petugas PTSP langsung memberikan role play/contoh bagaimana melakukan
pelayanan kepada masyarakarat kepada Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu
(PTSP) Pengadilan Negeri Pulang Pisau. Dengan adanya kerjasama antara Bank
Kalteng dengan Pengadilan Negeri Pulang Pisau mengadakan Pelatihan Pelayanan
Public Fontliner dengan materi Service Excellence kepada para Petugas PTSP
(Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Pengadilan Negeri Pulang Pisau ini, diharapkan
Petugas PTSP dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan baru yang akan sangat bermanfaat
bagi Para Petugas PTSP dan Petugas Keamanan Pengadilan Negeri Pulang Pisau
dalam memberikan Pelayanan Prima kepada para pengguna layanan pengadilan